Kamis, 30 Mei 2013

Debat: satu kiat untuk tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris

Diperbaharui 18 April 2013, 11:26 AEST


Banyak cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Simak cerita Vicario Reinaldo, yang merasa lebih efektif belajar bahasa Inggris dengan ikut klub debat daripada ikut kursus.
'Saya senang sekali, sangat senang,' kata Vicario Reinaldo setelah namanya diumumkan sebagai pemenang lomba debat dalam Asian English Olympics 2013 di Universitas Binus di Jakarta.
Vicario telah mengikuti klub debat sejak masih di SMU, dan berkat tekadnya yang kuat, ia akhirnya berhasil meraih juara pertama dalam lomba debat mahasiswa internasional ini. Mahasiswa jurusan teknik itu berharap suatu hari nanti bisa mewakili Indonesia dalam suatu event debat internasional.
Vicario saat ini ketua Student English Forum, suatu klub debat dalam bahasa Inggris di Institut Teknologi Bandung tempat ia menuntut ilmu.
Menurut Vicario, berdebat itu penuh tantangan, tapi menyenangkan dan menarik. Katanya, berdebat membantu dirinya memperluas pengetahuan di luar bidang studinya.
Berikut ini tips Vicario untuk meningkatkan ketrampilan debat dalam bahasa Inggris :
1. Banyak membaca;
2. Mengikuti berita;
3. Membaca review tentang debat;
4. Menonton debat yang pesertanya orang-orang penutur asli bahasa Inggris; dan
5. Banyak berlatih!
Dengarkan pembicaraan Vicario dengan Iffah Nurarifah dari Radio Australia, menjelaskan apa yang memotivasinya untuk belajar bahasa Inggris dan mengapa ia tertarik pada debat.

Ekspresi sehari-hari 

time-consuming
for the sake of
considering that

Kosa kata 

consumer goods
deter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar